FGD Kurikulum Merdeka: Kolaborasi HIPKIN, Prodi Pengkur S2 dan S3 FIP UPI, dan Puskurjar Kemdikbudristek

HIPKIN, Bandung. Pada Jumat (1/11) lalu, Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN) bekerja sama dengan Program Studi Pengembangan Kurikulum S2 dan S3 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pusat HIPKIN, Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A., dan Kepala Puskurjar Dr. Laksmi Dewi, M.Pd., melalui platform Zoom Meeting. Selama 150 menit, diskusi berlangsung sejak pukul 19.30 hingga 22.00 WIB. Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

FGD ini dimoderatori oleh salah satu anggota HIPKIN, Dr. Ahmad Zaki Mubarak, M.Si., M.Pd. Beberapa hal yang disoroti disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. mengenai kesetaraan pendidikan bagi semua orang sebagai pemantik utama, setelah itu menyoroti kepada tujuan, konten, isi, pembelajaran, dan evaluasi dalam konteks Kurikulum Merdeka. Diskusi ini menghasilkan beberapa poin yang dapat menjadi masukan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Para profesor, para pendidik, pengawas sekolah, dan para praktisi yang memberikan tanggapan terhadap poin-poin yang menjadi pemantik diskusi kali ini.

Beberapa hal yang disampaikan oleh para peserta FGD menjadi catatan yang disampaikan langsung kepada Kepala Puskurjar Kemendikbudristek untuk masukan pelaksanaan Kurikulum Merdeka ke depannya. Hal-hal yang disampaikan berkaitan dengan pandangan, pengalaman, dan beberapa bahkan menyampaikan kekhawatiran terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka berdasarkan pengalaman masing-masing. Beberapa yang paling banyak disebutkan terkait dengan permasalahan zonasi untuk pemerataan pendidikan, kekhawatiran apabila Ujian Nasional kembali dilaksanakan, serta hal-hal lain yang menjadi ciri khas dalam Kurikulum Merdeka.

HIPKIN sebagai salah satu organisasi profesi menjadi wadah yang baik bagi para pengembang kurikulum dan pemerhati kurikulum untuk berkontribusi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Masukan-masukan yang disampaikan berasal dari pandangan keilmuan dan juga praktis di masyarakat, menjadi catatan untuk perbaikan Kurikulum Merdeka nantinya. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjadi salah satu wadah untuk berkolaborasi antara organisasi profesi dan stakeholder lainnya, khususnya antara HPIKIN, Prodi Pengembangan Kurikulum FIP UPI, dan Puskurjar Kemendikbudristek.

Bagi Bapak dan Ibu #SahabatKurikulum yang mengingkan akses materi yang muncul pada FGD tersebut, dapat melalui tautan-tautan berikut:

Slide Presentasi Dr. Cepi Riyana
https://drive.google.com/file/d/1JwjW5grtHlMjo5I_yn7ctoYpzfitffQy/view?usp=sharing
Foto Dokumentasi Kegiatan
https://drive.google.com/drive/folders/1QCjyR3uoJWsxVCvdN2wWxZSexw50-ZeA?usp=sharing